Karakteristik pinjaman online ilegal

Karakteristik pinjaman online ilegal

Pinjaman online ilegal (Pinjol) adalah perusahaan yang menyediakan pinjaman dan pinjaman online, tetapi tidak terdaftar di OJK dan tidak mematuhi aturan OJK.

Saat ini, pinjaman online ilegal tumbuh pesat, dari awal 2019 hingga September, Satgas Pencegahan Investasi menangani 946 perusahaan keuangan ilegal.

Dengan semakin banyaknya pinjaman ilegal yang beroperasi di komunitas, Anda harus lebih jeli sebelum memutuskan kapan Anda ingin mengajukan pinjaman online. Berikut ini adalah karakteristik pinjaman ilegal yang harus Anda ketahui:

1. Tidak terdaftar atau dilisensikan oleh OJK

Sebagai aturan, pinjaman online ilegal tidak memiliki logo OJK di situs web atau di aplikasi. Sebagai gantinya, fintech legal akan menampilkan logo OJK yang berisi informasi “terdaftar dan dikendalikan” oleh OJK.

Tetapi Anda tidak hanya harus memeriksa simbol OJK di situs web atau aplikasi online, karena itu mungkin aplikasi ilegal yang memasukkan simbol OJK. Anda dapat mengunjungi situs web OJK untuk melihat daftar fintech legal di Indonesia.

Baca juga:7 Tips untuk Meminjam Uang Secara Aman Dengan Aplikasi Kredit

2. Bunga, biaya, dan penalti yang sangat tinggi

Karena kemudahan dan kecepatan pengeluaran dana dari pinjaman online ilegal, mereka biasanya mengenakan suku bunga yang sangat tinggi, denda dan komisi.

Banyak orang menjadi korban karena mereka tergoda oleh kecepatan dan kemudahan mendapatkan pinjaman.

3. Fintech Ilegal tidak memiliki alamat kantor dan pusat panggilan yang jelas

Karena pekerjaan ilegal, fintech ilegal tidak memberikan penjelasan yang jelas tentang data mengenai alamat kantor dan pusat panggilan untuk keluhan konsumen.Kemudian, jika Anda memiliki masalah, akan sulit bagi Anda untuk mentransfer keluhan Anda.

OJK dan Kelompok Kerja Investasi mengawasi, menutup dan memberlakukan sanksi tegas terhadap hukum Fintech.

Selain ketentuan OJK, menginformasikan kepada publik bahwa itu harus lebih teliti dan hati-hati saat mengajukan pinjaman juga diperlukan untuk mencegah pertumbuhan pinjaman online ilegal.

Masyarakat harus semakin mengenali dan mengkritik kemudahan dan kecepatan pinjaman online.

Maucash adalah aplikasi pinjaman online dari Astra yang telah terdaftar dan dikendalikan oleh FSA. Proses peminjaman di Maucash adalah 100% online, sehingga Anda dapat mengajukan pinjaman dengan nyaman. Maucash juga menyediakan proses pembayaran tagihan yang sederhana dan praktis melalui transfer bank (ATM, m-Banking), di Alfa Group (Alfamart, Alfamidi, Alfa Express, Lawson) dan kantor mitra Maucash.

Karakteristik pinjaman online ilegal
5 (100%) 3 votes


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

three × three =


DMCA.com Protection Status