Pinjaman Fintech Yang Online

Cari Tahu Pinjaman Fintech Yang Online

Di era teknologi digital, tidak hanya peluncuran toko online atau taksi motor yang tumbuh, tetapi juga industri baru bernama Fintech, yang juga berkembang pesat.

Apa itu fintech?

Fintech sendiri merupakan kombinasi dari kata-kata finansial dan teknologi, yang biasanya diartikan sebagai inovasi dalam teknologi digital untuk mengubah dan mempercepat berbagai aspek layanan dalam layanan keuangan. Undangan dari fintech ini membantu orang lebih mudah mengakses produk keuangan dan memfasilitasi transaksi.

Misalnya, kita sekarang tidak perlu meminjam uang dari bank, karena kita dapat menggunakan aplikasi pinjaman online. Kami juga tidak perlu lagi mengeluarkan uang di mana saja, karena kami dapat membayar menggunakan aplikasi online seperti Gopay atau Ovo.

Fintech sendiri memiliki banyak jenis: ada fintech untuk meminjam uang dan pembayaran, fintech untuk manajemen keuangan, investasi dalam agregator. Dari semua fintech, pinjaman online adalah salah satu fintech yang mereka bicarakan dan tumbuh dengan cepat.

Data OJK menunjukkan bahwa Indonesia membutuhkan pinjaman atau pinjaman untuk UKM dengan total 1.700 triliun per tahun setiap tahun. Sayangnya, saat ini, lembaga perbankan biasa hanya dapat memenuhi Rp. 700 triliun Artinya, Indonesia masih kekurangan pembiayaan pinjaman 1.000 triliun rupee per tahun.

Di sinilah FinTech adalah alternatif untuk kelompok orang yang belum menerima layanan perbankan. Hingga Mei 2019, OJK mencatat bahwa pinjaman online mengirim akumulasi pinjaman 41,04 triliun rupee.

Dengan pinjaman keuangan ini, orang bisa mendapatkan pinjaman dengan persyaratan yang mudah dan cepat dibandingkan dengan aplikasi pinjaman bank, yang membingungkan dan memakan waktu. Selain itu, pinjaman online tidak memerlukan jaminan, dana pinjaman juga dapat digunakan untuk kebutuhan mendesak.

Tetapi Anda juga harus berhati-hati ketika memilih produk pinjaman online. Saat ini ada banyak perusahaan jasa keuangan online ilegal yang keberadaannya tidak diakui oleh OJK. Karena kegiatan tidak dikendalikan, banyak dari pemeriksaan ilegal ini melakukan kegiatan yang melanggar aturan, seperti pencurian data, menetapkan suku bunga yang sangat tinggi, serta terorisme dan ancaman terhadap pelanggan mereka. Anda tentu tidak ingin menjadi korban Fintech ilegal seperti ini.

Baca Juga: 7 Tips Meminjam Uang Aman Secara Online pada Aplikasi Pinjaman

Karena itu, ketika Anda ingin mengajukan pinjaman online, Anda harus terlebih dahulu memeriksa hal-hal berikut:

1. Periksa apakah pinjaman online fintech terdaftar di OJK

Ingatlah bahwa setiap kali Anda ingin meminjam uang di Internet, periksa dulu nama perusahaan atau aplikasi dan pastikan bahwa nama aplikasi itu terdaftar di FSA. Keamanan Anda dijamin jika perusahaan pemberi pinjaman online terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

2. Pastikan bahwa bunga, jangka waktu dan biaya administrasi transparan

Pinjaman online Fintech yang dijamin akan terbuka dan transparan dalam memberikan informasi mengenai bunga, masa kerja dan biaya lainnya.

Jika Anda menemukan pinjaman online yang mengenakan bunga 1% per hari atau 30% per bulan, Anda tidak boleh menggunakan pinjaman online karena terlalu mahal. OJK mengatakan Fintech dapat memberikan persentase maksimum hanya 0,8% per hari.

Setelah Anda menentukan aplikasi pinjaman online yang dipilih, Anda dapat dengan mudah mengajukan pinjaman, biasanya Anda hanya perlu mengunduh aplikasi dan kemudian mengajukan pinjaman dengan mengunduh data dan dokumen yang diperlukan.

Jangan lupa untuk meminjam setiap kali Anda pertama kali belajar tentang skema suku bunga, cara membayarnya, membayar denda dan membaca kondisinya. Hitung juga kemampuan Anda untuk membayar kembali pinjaman. Hutang dalam angsuran tidak boleh melebihi 30% dari pendapatan sehingga pinjaman tidak terpapar risiko gagal bayar. Karena jika Anda tidak membayar, Anda juga akan rugi. Nama Anda mungkin masuk daftar hitam oleh Bank Indonesia, jadi di masa depan akan sulit bagi Anda untuk mengajukan pinjaman. Karena itu, ketika meminjam, jadilah peminjam yang cerdas, bijaksana dan bertanggung jawab!

Cari Tahu Pinjaman Fintech Yang Online
5 (100%) 2 votes


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − 2 =


DMCA.com Protection Status